banking,

Update bank bulan Juni

Penggunaaan bank bulan Juni, tidak banyak yang berubah, Seabank, BNC dan Aladin merupakan bank yang saya gunakan saat ini.

Deden Fathurahman Deden Fathurahman Follow Jun 26, 2022 ยท 2 mins read

Kayaknya lama juga tidak review aplikasi-aplikasi bank digital yang saya gunakan saat ini, ada yang saya tidak gunakan secara exclusive lagi, jadi hanya untuk maintain ke aktifan saja, tidak banyak melakukan transaksi di akun bank tersebut.

Bunga bank

Selain untuk menyimpan dana kita biar aman, tentunya kita berharap untuk bisa juga mendapatkan imbal hasil dari bunga yang didapat dari bank tersebut, bunga tinggi tentu lebih baik, meski tidak menjadi jaminan kalau bank tersebut itu baik, bisa jadi bunga bank tinggi adalah upaya dari bank tersebut untuk menambah dana pihak ketiga (DPK), yang mana bisa menaikkan nilai dari bank tersebut.

Ada dua bank yang digunakan secara eksklusif saat ini.

Bank Seabank

Seabank merupakan bank yang digunakan untuk menyimpan dana darurat, saat ini memiliki bunga yang lebih tinggi dari yang lain, dan berdasarkan informasi, sampai akhir juni ini, Seabank masih memberikan bunga sebesar 7% p.a, ini lebih besar dibandingkan dengan bank digital lain.

Baca: 3 Tempat yang cocok untuk menyimpan dana darurat

Dan sejauh ini masih setia, dan tidak melakukan transaksi konsumsi dengan bank ini, meski Seabank terafiliasi dengan Shopee.

Baca: Memecah alokasi dana ketika membangun dana darurat

Rekening ini memang sangat saya khususkan untuk menabung saja.

Baca: Back to Basic, part 2 - Mempersiapkan Dana darurat

Pada bulan Juli nanti, bunga tabungan di Seabank akan berubah menurut informasi di aplikasinya, turun menjadi 6%, dan akan ada produk baru berupa deposito, bunga yang ditawarkan 7%.

Bank Neo Commerce

Bank Neo Commerce ini digunakan untuk banyak transaksi, dan jadi rekening bank penampungan dari rekening payroll dimana saya bekerja, dulu yang jadi rekening perantara adalah Digibank, tapi BNC memiliki bunga lebih besar, sebesar 6% p.a, dan masih memiliki fasilitas free biaya transfer.

Baca: Bank digital: Seabank vs Bank Neo Commerce (Neobank, BNC)

BNC ini akan meneruskan transfer ke rekening lain, misalkan untuk investasi, membeli reksa dana atau topup rekening RDN untuk beli saham atau ETF.

Bank Aladin Syariah

Bank Aladin ini berjenis bank syariah, dan saat ini saya gunakan lumayan sering, selain syariah, juga sering digunakan untuk konsumsi, beramal, karena ada fitur untuk infaq, zakat, dan lainnya.

Baca: Review awal Bank Aladin Syariah, bank digital syariah pertama di Indonesia

Untuk yang belum cobain bank Aladin Syariah, bisa dicoba install dan buka rekeningnya.

Bank lainnya

Rekening bank digital lain yang secara transaksi tidak saya gunakan secara eksklusif, seperti Digibank, TMRW, Jenius, Line bank, Blu by BCA Digital.

Dan kemarin sempat lihat-lihat aplikasi bank digital lain seperti Allo Bank, dan juga Motion Bank dari MNC, secara fitur masih belum matang, tapi mungkin bisa jadi alternatif nantinya jika memang ada yang menarik, saat ini misalkan Allo Bank, menggabungkan konsep antara menabung dan konsumsi, dan saya masih mencoba mengerti aplikasi bank Allo sampai saat ini.

Untuk konsumsi lain, BCA dan Mandiri masih digunakan.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
Deden Fathurahman
Written by Deden Fathurahman Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Sinyal

Saya berlangganan beberapa layanan email yang memang disediakan oleh perusahaan broker yang kebetulan saya punya akun disana, email i...

In investasi, opini, Aug 03, 2022