← back to home

Ada dimana kita sekarang?



Ronan Furuta on Unsplash

Ini pertanyaan yang selalu berulang saya tanyakan pada diri sendiri, setidaknya setiap 3 bulan, pertanyaan dimana saya melihat kondisi dan sudah sampai dimana saya saat ini dalam perjalanan tujuan keuangan saya, mengecek keadaan finansial kita seperti apa saat ini, dan berada di posisi mana kita sekarang, apakah sejajar dengan posisi yang kita rencanakan didalam rencana-rencana finansial?

Baca: Cek up finansial sebelum membuat blueprint tujuan finansial

Tujuan pengecekan ini, seperti halnya dalam perjalanan ke suatu tempat, kita berhenti untuk melihat peta, melihat apakah jalan yang kita lalui sesuai dengan tujuan yang kita tuju?, apakah kita berada di jalan yang benar? atau ada perubahan jalur yang membuat kita melenceng dari tujuan awal? atau jalannya sendiri yang perlu diubah agar bisa mencapai tujuan lebih cepat (dan tepat)?

Baca: Tujuan Finansial

Hal semacam ini diperlukan, karena ada banyak yang terjadi selagi kita berjalan ke tujuan, ada perubahan dalam kehidupan kita, mungkin ada yang pindah kerja, menikah, atau mungkin juga punya anak, yang tentunya banyak prioritas yang berubah seiring waktu.

Hal ini wajar terjadi, mungkin ada sesuatu yang dulu dianggap wajib ada, sekarang tidak begitu wajib, sehingga alokasi dana bisa dialihkan ke tempat lain, atau ada pos tambahan yang perlu diisi.

Baca: Sabotase keuangan

Analogi kita seperti dalam perjalanan sepertinya cukup relevan, dengan panjangnya perjalanan, berapa kali kita stop, apakah dalam perjalanan kita mengganti perjalanan tujuan perjalanan kita, apakah ada tempat berhenti yang malah membuat kita mengeluarkan uang yang tidak perlu atau perlu, yang bisa berpengaruh pada bekal yang kita bawa menuju tujuan yang dimaksud.

Baca: Income (pendapatan)

Jika diaplikasikan pada keuangan, keputusan keuangan yang sudah kita lakukan pada masa lalu, apakah ada yang bisa dijadikan pelajaran, aset yang kita miliki saat ini bisa sudah sampai mana, target apa yang perlu kita kejar, instrumen investasi apa yang mungkin kita bisa tambah/kurangi.

Mengetahui diri sedang ada di mana saat ini, dan kembali melihat peta, melihat dari titik keberangkatan dan tujuan, bisa menyadarkan kita dan juga membuat kita lebih rendah hati, karena hidup terus berjalan selagi kita membuat rencana atau memperbaharui rencana tersebut.




Related Posts