← back to home

Bank Digital: Membuka rekening tabungan TMRW by UOB

Bank Digital: Membuka rekening tabungan TMRW by UOB

Image by TMRW by UOB

UOB akhir tahun lalu atau awal tahun ini meluncurkan bank digitalnya, dinamakan TMRW, (mungkin) kependekan dari Tomorrow, pertama kali dirilis di thailand, yang disusul oleh Indonesia, Singapur, Malaysia, dan Vietnam.

Saya sendiri sudah mencoba dan membuka akun di bank UOB ini, seperti bank digital pada umumnya, semua menggunakan media aplikasi mobile untuk membuka akunnya, dan setiap prosesnya dilakukan online, dan sepengalaman saya dilakukan dalam kurun waktu 20-40 menit, terhitung cepat.

Kondisi saat membuka akun, saat itu, siang hari, sekitar jam 1an, mungkin ini bisa jadi faktor penentuan (saya belum menemukan pengalaman orang lain membuka akun di malam hari), karena customer service bisa langsung melakukan e-KYC (Know Your Customer) di saat itu juga, dan mungkin juga saat itu antrian yang membuka akun tidak begitu banyak.

Pembukaan Akun

Untuk membuka akun, bisa dimulai dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, tersedia di Playstore dan juga App Store.

Setelah mengunduh aplikasi, dan memulai proses membuka akun, kita akan dihadapkan dengan tampilan beranda, dan klik ”Daftar”, untuk pembukaan TMRW ini saya memilih hanya membuka tabungan, tidak membuka tabungan + kartu kredit.

Untuk proses pendaftaran ini, hampir sama seperti membuka bank pada umumnya, atau membuka bank digital pada umumnya, persyaratan seperti eKTP, Selfie, username, password, email dan juga beberapa informasi tambahan seperti pekerjaan, pendapatan, tujuan membuka rekening di UOB ini apa, biasanya hal tersebut untuk demografi dan data yang mungkin digunakan untuk kepentingan bank.

Pengisian data pendaftaran ini sejauh pengalaman saya, cukup mudah, menyenangkan, bahkan dengan pemilihan font yang cukup mudah dibaca, dan menjadikannya menyenangkan untuk ditelusuri.

Persyaratan sebelum membuka rekening

Verifikasi

Setelah melakukan pengisian dan kemudian pengiriman data-data kita ke bank UOB, dan di aplikasi dikatakan data kita sudah lengkap, nanti akan ditanyakan untuk e-KYC, pengguna dihadapkan dengan 2 pilihan,

  • Verifikasi dengan agent (yang nanti janjian ketemuan, seperti Jenius atau Digibank)
  • Video Call dengan memegang eKTP

Saya sendiri memilih dengan video call, karena lebih efisien, dan cepat.

Setelah pengisian di atas, bank verifikasi data yang kita masukkan ke data kependudukan, kemudian akan muncul chat dengan agen yang akan menanyakan tanggal lahir, dan juga verifikasi nama ibu, sesudah itu akan dilakukan video call oleh agen verifikator dari UOB yang akan menginstruksikan kita untuk memegang eKTP kita, bahkan disediakan cetakan untuk muka dan KTP pada layar smartphone, di proses ini, agen akan mengambil gambar kita saat melakukan video call.

Kemudian setelah video call, agen akan bicara bahwa semua sudah selesai, sesi video call selesai, dan dalam keadaan aplikasi masih dibuka, TMRW akan mengirimkan notifikasi bahkan pembukaan rekening kita disetujui (atau tidak disetujui).

Fitur

TMRW ini digaungkan aplikasi bank digital yang memadukan banking dengan game, di dalam aplikasi tersebut diceritakan kita memiliki satu ”kota”, ini dinamakan fitur City of Tomorrow, yang mana kota ini akan terus berkembang seiring dengan uang yang ditabung ke rekening City of Tomorrow ini.

City of Tomorrow ini sebenarnya adalah sebuah rekening lain yang bisa kita isi, TMRW menyebut ini Saving Account, jadi membedakan antara Checking Account, yang biasanya untuk konsumsi, dan Saving Account yang memang untuk tujuan menabung, rekening City of Tomorrow berbeda dengan rekening utama (checking account, mungkin jika dibandingkan dengan Jenius, ini adalah FlexiSaver, bunga yang didapat, cukup standar, yaitu 4% per 14 februari 2020.

Makin sering menabung, makin besar kota yang kita bangun.

Fitur aplikasi yang lain, seperti biasa, ada transfer, yang saat ini masih gratis, dan kemudian fitur pembayaran, dari mulai pembayaran air (terbatas), PBB, listrik, ewallet, kartu kredit dan laiinya, saat ini saya belum melihat fitur deposito.

TMRW juga mendukung fitur auto transfer, jadi bisa menjadwalkan kapan dan kemana kita hendak mentransfer, hal ini bagus untuk otomasi keuangan.

Pengaturan keamanan

Untuk pengaturan keamanan, TMRW ini untuk ponsel yang memiliki sidik jari atau fitur biometrik bisa digunakan sebagai media untuk cara verifikasi login, dan juga disediakan PIN untuk melakukan otorisasi.

Tampilan aplikasi

Untuk tampilan aplikasi, saya pribadi suka, dengan tidak ragu membuat tulisan besar, dan warna yang fresh, dan juga cara navigasi yang baru, meski masih ada sidebar menu, tapi TMRW lebih mengedepankan menu sliding agar lebih mudah diakses, tapi terkadang hal ini menjadikan malah sering tidak sengaja diklik.

Tetapi secara keseluruhan, saya menyukai tampilannya.

Kartu Debit

Meski ini merupakan bank digital, seperti bank lain juga, TMRW tetap menawarkan kartu debit, saat artikel ini ditulis, saya belum menerima kartu debitnya, mungkin baru hari 2 hari juga membuka rekeningnya.

Melihat cara pengaktifan kartu debit ini pengalamannya mirip dengan bank lain, cukup masukkan nomor kartu debit yang diterima, dan kemudian setting PIN yang digunakan untuk kartu debit tersebut.

Pembukaan akun di TMRW by UOB ini merupakan pengalaman baru, dan menurut saya, lebih cepat, pengalaman ini tentu berbeda dengan yang lain, ada kasus teman saya membuka rekening, tapi karena dia baru-baru ini melakukan pindahan dan memperbaharui KTP-nya, sedang informasi yang ada di data kependudukan masih yang lama, jadi aplikasinya ditolak, meski semua informasinya benar.

Related Posts

Mengenal compound interest (bunga berbunga)

Strategi tabungan dan mengatur rekening(-rekening) bank

Tips berbelanja bulanan hemat

Investasi jangka pendek, dengan apa?

Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika renovasi rumah

Otomatisasi finansial

Apa itu obligasi?

Memulai investasi saham?

Tujuan Finansial