investasi,

Hello 2022

dedenf dedenf Follow Jan 03, 2022 ยท 1 min read

Selamat tahun baru! semoga tahun 2022 ini bisa lebih baik dalam banyak hal, terutama dalam mengatur keuangan kita, dari menabung, membelanjakan uang kita, berinvestasi, berbagi, dan semoga semua hal bisa lebih baik.

Baca: Hal yang bisa kita kontrol ketika berinvestasi (saham, etf, atau reksa dana)

Dimulai dengan saving rate, saving rate ini harus ditingkatkan ditahun 2022 ini, setidaknya itu target saya, mudah-mudahan bisa mencapai 30%.

Kemudian untuk dana pensiun, saat ini menggunakan JHT BPU dan PU, hal ini tidak bisa ditambah, karena kontribusi ada limitnya, tergantung tingkatan kita ada dimana, hal lain dengan DPLK, karena saya merupakan DPLK sukarela, jadi bisa menambah kontribusi berapapun, dan kapanpun, tahun 2021, target saya bisa melakukan kontribusi 200% (usaha aja dulu hehe)

Kemudian untuk instrumen investasi lain, reksa dana, tahun ini akan mencoba lebih banyak ke aset obligasi, baik melalui reksa dana pendapatan tetap, atau melalui ETF obligasi yang sedang saya kumpulkan saat ini, mengurangi kepemilikan saham high dividen, karena ketidak pastian akan imbal hasil, setidaknya saat ini obligasi konsisten memberikan imbal hasil.

Untuk saham, mungkin tahun ini akan mengurangi reksa dana saham, akan lebih banyak ke ETF saham index lain, IDX30, sebagai index yang saya ikuti, masih kalah dengan saham yang saya pilih sendiri, memilih sendiri saham sangat berisiko, dan saya tidak akan bisa beruntung terus, jadi ETF saham akan jadi fokus.

Fokus untuk tahun ini, akan mencoba mengumpulkan aset yang bisa memberikan supplemental income, baik berupa imbal hasil obligasi, dividen, atau lainnya, dan karena tidak ada yang tahu ke depan akan bagaimana, maka dari itu terus berinvestasi sangat penting meski pasar tidak bisa diprediksi.

Mudah-mudahan jadi tahun yang baik buat kita semua.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
dedenf
Written by dedenf Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Update bank bulan Juni

Kayaknya lama juga tidak review aplikasi-aplikasi bank digital yang saya gunakan saat ini, ada yang saya tidak gunakan secara exclusi...

In banking, Jun 26, 2022