← back to home

Mencari deals, diskon, promo



Photo by Keila Hötzel on Unsplash

Awal bulan biasanya banyak yang harus kita lakukan, karena biasanya juga, akhir bulan orang-orang mendapatkan gaji, kegiatan seperti menabung, investasi dan pastinya juga, belanja. Belanja di sini tentunya bukan cuma beli barang di pasar, tetapi juga tagihan-tagihan, listrik, internet dan lainnya.

Baca: Tips berbelanja bulanan hemat

Sebelumnya saya pernah menulis artikel apakah sepadan kita mengejar point? di artikel ini semacam update dari artikel itu.

Dan sekarang saya juga memiliki kebiasaan baru ketika awal bulan, yaitu mencari deal atau promo yang bisa digunakan untuk membayar tagihan-tagihan.

Baca: Perbandingan Tabungan bunga tinggi, Deposito, Reksa Dana Pasar Uang, dan Obligasi

Sebagai generasi sandwich (hehe), yang mana bertanggung jawab terhadap keluarga sendiri (anak, istri), juga terhadap orang di atas kita, orang tua, beberapa hal alhamdulillah bisa diatasi sendiri.

Pencarian

Ketika awal bulan, atau saat dimana tagihan itu muncul, terutama untuk PLN, internet, akan mencari jumlah tagihan yang ada pada bulan itu, berapa jumlah dasarnya.

Dari situ akan mencari promo yang bisa digunakan, misalkan jika membayar listrik di Tokopedia bisa mendapatkan cashback point, atau membayar melalui aplikasi Gojek mendapatkan cashback juga.

Pencarian deal atau promo mana yang menguntungkan bisa menjadi petualangan tersendiri.

Eksekusi

Sesudah mendapatkan angka tagihan, kemudian membuka beberapa aplikasi, misalkan aplikasi Gojek/GoTagihan, dalam aplikasi bisa dapat cashback langsung 15rb dengan biaya admin 1500, atau di Tokopedia mendapatkan point 16rb tetapi dengan biaya admin yang lebih tinggi dari Gojek/GoTagihan, 2500, maka saya akan menggunakan GoTagihan, mana saja yang menawarkan deal yang lebih bagus buat saya.

Juga aplikasi-aplikasi fintech lain yang bisa saya gunakan, dan menawarkan deal lebih baik, pastinya akan saya gunakan.

Baca: Money hack: Menggunakan Digital Wallet untuk penghematan

Apa gak repot menggunakan banyak aplikasi? bukannya lebih nyaman menggunakan satu aplikasi dan sudah, gak perlu pusing cari-cari? mungkin, tetapi untuk saya hal ini lebih ke kepuasan dan kesenangan saja dan kalo bisa sekalian mendapatkan potongan yang lebih besar, kenapa tidak?

Tagihan-tagihan tersebut sebenarnya bisa dibayar dihampir semua aplikasi bank, bahkan pegadaian juga memiliki fitur ini di aplikasinya, karena pemain di belakang bill payment ini terhitung sedikit, untuk menjadikan sesuatu yang menarik adalah pekerjaan setiap pemiliki aplikasi, dan pemilik aplikasi bisa melaporkan ke investor misalkan bahwa perputaran uang didalam aplikasinya sekian, traffic penggunaan sekian, hal ini menjadi hal yang bagus buat pemilik aplikasi.

Yang dihindari

Sebisa mungkin hindari pemilik aplikasi atau layanan yang menggunakan pembayaran dengan wallet yang mereka kelola sendiri tanpa ada konektivitas dengan layanan dari perusahaan lain, karena itu gunakan aplikasi yang walletnya bisa digunakan untuk hal lain atau ekosistem lain.

Misalkan membayar menggunakan GoTagihan, kita bisa membayar dengan menggunakan bank Jago atau dengan menggunakan Gopay, dana kita didalam bank Jago tentunya bisa digunakan untuk hal lain, karena ini rekening bank, sedangkan Gopay, meski ini ada di dalam ekosistem Gojek, tetapi bisa digunakan untuk pembayaran lain, untuk membeli reksa dana di Bibit, atau bahkan untuk membeli soto, beli nasi padang yang ada di dekat kantor atau Starbucks, dan bisa juga ditransfer ke bank untuk mencairkan.

Baca: Conveyor Belt Saving

Sedangkan jika menggunakan wallet yang dikelola oleh pemilik aplikasi dan tidak memiliki cakupan dan dukungan yang luas terhadap ekosistem lain, mendingan ini dihindari, karena dana kita akan mentok di sana, dan tidak bisa diambil kecuali digunakan, dan menggunakannya hanya didalam ekosistem aplikasi yang dukungannya terbatas tersebut, dan kebetulan banyak aplikasi yang seperti ini.

Have fun

Lakukan ini disaat senggang, disaat tidak dikejar deadline, tidak dikejar hari ini harus bayar karena telat nanti ada denda, karena hunting ini butuh waktu, dan disitu memang letak keasyikannya, kayak ada achievement unlocked kalo bisa dapat harga yang murah dari biasanya.




Related Posts