← back to home

Review aplikasi digital banking, Line Bank dari KEB Hana



Photo by Line Bank

Memang cepat sekali perkembangan-perkembangan bank digital di Indonesia, dengan bertambahnya Line Bank di Indonesia, makin banyak jajaran bank digital dan menjadi tambahan dari yang sudah ada seperti Jenius, TMRW by UOB, Digibank, Jago dan lainnya.

Baca: Update bank digital (Jago, Jenius, Digibank, TMRW)

Line bank merupakan tambahan bank digital baru, yang rilis oleh Bank KEB Hana, Line bank, seperti namanya, memang mengambil nama dari aplikasi kirim pesan LINE.

Line bank ini baru dirilis terbatas awal bulan juni ini, dan dirilis secara umum pada tanggal 10 juni (koreksi jika salah ya), dan memiliki desain aplikasi yang sederhana, dan nampak tidak banyak embel-embel, dan memang kembali lagi, sesuai dengan namanya, aplikasi ini sangat kental dengan LINE, dan juga karakter-karakter yang ada di dalamnya, seperti Brown, Cony dan lainnya.

Line bank di Indonesia yang dikeluarkan atau bekerjasama dengan bank KEB Hana, yang mana Line bank menggunakan KEB Hana sebagai bank dibelakangnya, atau menggunakan corebanking yang dimiliki oleh KEB Hana bank, dan saat ini Line Bank memiliki kode bank yang sama dengan KEB Hana jika hendak melakukan transfer, di negara lain, Line Bank menggunakan bank lokal yang ada di sama, contohnya di Thailand, menggunakan Kasikornbank.

Line Bank, menyebut dirinya sebagai Social Banking Platform.

Pembukaan rekening

Membuka rekening di Line bank, pengalamannya sangat mudah sekali, seperti biasa dalam melakukan pembukaan rekening ini kita ditanyakan nomor telepon yang dipakai, email, dan password, kemudian mengisi data pribadi seperti biasa, seperti alamat, photo selfie dan juga photo KTP yang kita punya.

Setelah melalui proses pengisian data tersebut, calon nasabah akan diminta untuk melakukan proses video call, yang mana video call ini akan menampilkan 2 kotak, satu kotak untuk Brown dan satu lagi untuk calon nasabah.

Pengalamannya cepat dan secara durasi, pembukaan akun Line Bank ini hampir sama dengan Jago, cepat.

Fitur

Mungkin karena masih baru, atau memang didesain seperti ini, tapi fitur yang ada di Line Bank memang terhitung masih sedikit dibanding dengan bank digital lain, misalkan dengan Jago, tapi dengan ini menjadi lebih mudah navigasi dari satu fitur ke fitur lain.

Savings

Ini adalah rekening yang dimiliki oleh setiap nasabah Line Bank, nasabah dibolehkan untuk memiliki lebih dari satu rekening, dan rekening ini diperlakukan seperti rekening biasa, tidak ada perbedaan seperti Jago, yang memisahkan antara Savings dan Spending pocket.

Debit Card

Setiap rekening yang dibuat di Line Bank bisa dikoneksikan dengan satu kartu debit, kartu debit yang pertama gratis, tapi kartu yang kedua, kita harus membayar 50.000, dan seterusnya, dan saat ini saya belum nemu fitur apakah kita bisa memindahkan kaitan rekening dan kartu debit, jadi kalau kita hendak memindahkan kartu debit dari Savings 1 ke Savings 2, mungkin setelah kartu debit sampai, nanti saya coba revisit.

Time Deposit

Deposito dengan bunga yang lebih tinggi dari savings biasa, bunga yang didapat dari TD ini adalah sebesar 4,5% p.a, pembukaan deposito ini bisa dimulai dari 1 juta rupiah, agak lebih tinggi memang dari dari kompetitornya, yang mana terkadang, besaran bunga tergantung dari berapa banyak uang yang disimpan didalam TD ini.

Tagihan & Topup

Fitur lain, Line Bank juga menawarkan pembayaran tagihan, seperti telepon pascabayar dan listrik (pasca atau prabayar), dan juga bisa digunakan untuk topup pulsa telepon, fitur yang sepertinya ada disetiap aplikasi keuangan saat ini.

Biaya

Line Bank saat ini masih gratis, untuk pembukaan rekening, debit, transfer, gratis, juga penarikan uang di ATM, baik di ATM bank hana atau ATM jaringan ALTO, Bersama, Prima juga gratis.

Notifikasi

Nabasah Line Bank bisa mengkoneksikan rekening Line Bank, dengan akun di aplikasi LINE, dengan ini, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang berkaitan dengan rekeningnya langsung dari aplikasi LINE.

Saya tidak menggunakan fitur ini, karena tidak menggunakan LINE secara intensif.

Desain aplikasi

Desain aplikasi Line Bank ini sederhana, hanya menampilkan informasi tabungan kita, tagihan dan topup yang bisa dilakukan di rekening, di sini, kita mudah dalam melakukan navigasi, perpindahan dari satu menu ke menu lain.

Belum banyak yang bisa dilakukan di aplikasi Line Bank untuk sekarang, mungkin karena masih terhitung baru di Indonesia, untuk Line Bank di negara lain, sudah ada fitur lain yang diimplementasikan, seperti personal loan, virtual debit card.




Related Posts