Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes

Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes

Photo by Eugenia Clara via Unsplash

Dalam dunia investasi di indonesia, terutama untuk pasar modal, dari saham, reksa dana sampai obligasi negara, memerlukan semacam identitas yang menunjukkan bahwa orang tersebut bisa, sah secara hukum, dalam melakukan aktivitas investasi di pasar modal, aktivitas jual beli produk efek, aktivitas-aktivitas ini biasanya dilakukan melalui broker yang dipilih oleh investor atau didaftarkan.

read more →

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika renovasi rumah

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika renovasi rumah

Photo by Milivoj Kuhar via Unsplash

Rumah atau tempat tinggal adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia, baik rumah tersebut digunakan sebagai tempat tinggal utama, atau sebagai properti yang disewakan. Baru-baru ini bersama istri melakukan renovasi rumah tinggal, renovasi ini bisa dibilang cukup besar, karena menambah ruangan, jadi membuat bangunan baru di tanah yang kosong, dan membangun kamar di situ dan kamar tersebut menempel ke rumah utama yang sudah ada.
read more →

Otomatisasi finansial

Otomatisasi finansial

Photo by Linh Ha via Unsplash

Disadari atau tidak, kita sebagai manusia pasti memiliki kebiasaan, memiliki rasa malas, suka lupa dan kebiasaan-kebiasaan lainnya. Hal yang setiap bulan kita lakukan, misalkan membayar kosan, membayar cicilan rumah, cicilan mobil, investasi, hal-hal semacam ini kebanyakan kita lakukan secara manual, kita membuka aplikasi banking kita (kalau ada), kemudian melakukan transfer itu satu persatu, cukup menyita waktu, belum lagi kalau kita lupa melakukan itu, bisa jadi malah kena denda.

read more →

Apa itu obligasi?

Apa itu obligasi?

Photo by William Daigneault via Unsplash

Obligasi atau surat hutang, atau dalam bahasas inggris Bond, pengertian bebas obligasi adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau negara, surat hutang ini memiliki janji yang akan membayarkan kupon atau bunga, sesuai dengan janji atau ketentuan yang dikeluarkan oleh penerbit obligasi tersebut, kita sebagai perseorangan (atau institusi) pada dasarnya memberikan pinjaman terhadap perusahaan, atau negara tersebut. Obligasi bisa dikategorikan sebagai salah satu instrumen saham atau reksa dana.
read more →