← back to home

3 Pengeluaran Paling Besar



Photo by Luis Tosta on Unsplash

Kalau kita memiliki catatan pengeluaran, misalkan menggunakan excel atau aplikasi seperti MoneyLover, pengeluaran-pengeluaran ini, baik untuk yang sudah berkeluarga atau belum, biasanya pengeluaran yang signifikan dari 3 kategori, meski masih ada kategori lain, 3 kategori ini yang biasanya yang terbesar.

  • Belanja untuk rumah
  • Transportasi
  • Makan(an)

Baca: Review: Money Lover, aplikasi manajemen keuangan

Catatan: Tiap rumah mungkin berbeda, ini berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Belanja untuk rumah

Belanja untuk beli deterjen, pewangi pakaian, sabun mandi, shampoo, karbol, listrik dan lain sebagainya, ini bisa menjadi mahal, dan ini biasanya relatif ke luas rumah, makin besar, biasanya makin mahal pengeluarannya.

Tiap rumah mungkin berbeda, untuk spesifik ke saya sendiri, yang termasuk ke dalam utilitas di rumah adalah listrik, air, dan internet.

Baca: Agar pengeluaran tidak menjadi boros, beberapa hal yang bisa dilakukan

Transportasi

Kalau memiliki kendaraan pribadi, motor, mobil, pastinya ada biaya yang mengikuti, beli bensin, perawatan rutin, belum lagi kalau ada yang harus diservice, apalagi kalau masih ada cicilan untuk kendaraan tersebut.

Untuk yang menggunakan angkutan umumpun pastinya tetap membutuhkan biaya, ongkos naik kereta atau ojek, ojol dan lainnya.

Makan(an)

Untuk yang terbiasa masak di rumah, kita perlu belanja ke pasar, perlu untuk membeli bahan-bahan yang akan dimasak hari itu, atau kita stok untuk beberapa waktu.

Untuk yang tidak terbiasa masak di rumah, dan lebih sering beli di luar, ini relatif bisa lebih mahal lagi, apalagi kalau tidak terbiasa hanya makan satu-dua menu, kalau makan harus rame teman nasinya, ini bisa jadi bengkak juga pengeluarannya.

Terus?

Artikel ini tidak akan membahas bagaimana untuk menghemat tiga hal di atas, karena keadaan masing-masing orang bisa sangat berbeda, paling yang bisa kita lakukan adalah optimasi, dan prioritas, meski kita harus beli makanan dari luar misalkan, jangan sampai hal itu malah mengganggu tabungan atau bahkan sampai tidak bisa menabung karena terlalu sering makan di luar, listrik jangan boros, beli hanya yang diperlukan.

Baca: Apa yang bisa kita pelajari ketika kita disiplin mencatat pengeluaran-pengeluaran kita

Jangan sampai harus mengorbankan tabungan dan investasi kita dengan harus beli mobil/motor demi alasan yang tidak penting, ingin terlihat keren misalkan, tapi kalau alasannya karena setelah dihitung hal ini justru malah jadi lebih murah ketimbang menggunakan transportasi umum. ini balik lagi ke masing-masing pribadi, apakah pengeluaran yang banyak itu memberi nilai buat kita? apakah tidak akan mengganggu keuangan kita di masa depan?

Baca: Dollar Cost Averaging, investasi dengan mencicil

Sekarang lihat lagi pengeluaran yang ada di rumah, dan teliti apakah ada pengeluaran yang kita tidak ketahui, atau penyumbang tagihan terbesar, dan apakah bisa dilakukan pengurangan atau optimasi, tetap waspada dan lakukan budgeting.

Karena apa yang kita boroskan hari ini, pada dasarnya kita meminjam uang itu dari diri kita di masa depan.




Related Posts