← back to home

Bank Jago lebih jauh: Savings & Spending Pockets



Photo by K. Mitch Hodge on Unsplash

Sekarang sudah hampir 5 bulanan dari pertama menggunakan bank Jago, dan ada banyak perbaikan dari sisi aplikasi dan juga ada penambahan fitur yang cukup berguna (dan tidak) untuk penggunanya.

Kali ngebahas lebih jauh dari fitur yang ada di bank Jago, selain saya melihat potensi yang bagus terutama dari sisi integrasi dengan pihak lain, juga fitur-fitur yang dimiliki oleh Jago lebih matang.

Baca:

Savings Pocket

Ini merupakan rekening tabungan yang memiliki bunga yang lumayan tinggi dibanding dengan beberapa saingan bank Jago, tapi dengan beberapa setting dan persyaratan, nasabah bisa mendapatkan bunga agak lebih tinggi.

Pocket Booster

Fitur tambahan yang ada di Savings Pocket ini seperti mengubah Pocket tersebut menjadi Pocket dengan tujuan lain, ada 2 pilihan yang bisa dipilih dalam Pocket Booster ini,

  1. Target Date
  2. Locked

Target Date

Target Date ini mengubah Savings Pocket menjadi tabungan dengan jumlah target, yang bisa dikonfigurasikan apakah target tanggal yang sudah ditentukan, atau tidak.

Jika menerapkan Tanggal, maka dana target akan dibagi dengan lama waktu yang disetting, yang akan menghasilkan jumlah kontribusi yang harus ditransfer ke dalam Pocket ini, rentang target waktu bisa panjang tergantung dari jumlah target dan tanggal target.

Sebagai contoh, target kita adalah mengumpulkan 12 juta dalam 1 tahun (biar gampang), kemudian kita set waktu menjadi 12 bulan, dan akan melakukan kontribusi 1 kali dalam satu bulan, dan kontribusi kita menjadi 1 juta dalam satu bulan.

Contoh lain, target 12 juta juga, tapi kita ingin supaya bisa terkumpul dalam waktu 6 bulan, kontribusi masih 1 kali dalam satu bulan, maka jumlah kontribusi kita menjadi 2 juta per bulan.

Untuk pengguna Jenius, ini seperti Dream Saver.

Locked Pocket

Fitur ini seperti mengubah Pocket kita menjadi Term Deposit, kita tidak bisa mengambil uang yang ada didalam mode Locked, rentang waktu simpan bisa dikonfigurasikan, mulai dari 1 bulan dan seterusnya.

Jadi selama dalam periode itu, uang kita tidak dapat diakses, dan diujung periode, uang kita tidak akan dikunci lagi.

Ini merupakan Savings Pocket on steroid, jadi dana yang ditabung di dalam Savings Pocket bisa mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari biasanya, tapi tentunya dengan syarat-syarat, untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi, nasabah diharapkan menyimpan dengan jumlah tertentu, karena ini akan berimbas pada imbal hasil yang bisa didapat dari dana yang kita simpan di dalam Locked Pocket ini.

jago locked pocket

Berdasarkan perhitungan di atas, kita bisa mendapatkan bunga 3.75% jika kita menabung lebih dari 100 juta dalam Pocket, dan mendapatkan 4% jika menabung kalo tidak salah di atas 250 juta (perlu konfirmasi) ke atas.

Semakin banyak dana semakin besar imbal hasil

Di dalam Pocket ini, bunga yang didapat bisa lebih besar dari biasanya, tapi tentu saja ini sangat bergantung pada jumlah dana yang disimpan, seperti yang disebutkan di atas, makin besar dana yang disimpan, makin besar imbal hasil yang diterima.

Hal ini mungkin bisa menjadi halangan untuk orang yang biasa mendapatkan bunga yang lebih tinggi tanpa harus mengunci dana.

Baca: Update bank digital (Jago, Jenius, Digibank, TMRW)

Apakah sepadan menyimpan dana di bank Jago?

Ini kembali lagi ke masing-masing, kalau memang mencari rekening tabungan yang mudah digunakan dan ada tambahan fitur imbal hasil yang lebih tinggi dari rekening giro lain, 3.5% merupakan bunga yang lumayan dibanding dengan BCA misalkan, maka Bank Jago bisa jadi pilihan.

Dan untuk yang mengejar imbal hasil yang sedikiit lebih tinggi dan tanpa harus mengunci dana kita, maka ada alternatif lain seperti Tabungan Maxi dari Digibank, atau di City of Tomorrow dari TMRW UOB yang menawarkan 4% juga tanpa syarat atau yang saat ini yang sedang gencar promo, tabungan dari Seabank yang menawarkan 7% sampai dengan desember menurut informasi di promonya.

Baca: Review Seabank, bank digital dari SEA Group, pengalaman buka rekening tercepat

Untuk saya sendiri, saya gunakan bank Jago sebagai rekening sehari-hari selain BCA, dan sejauh ini cukup, dan menggunakan Jago untuk keperluan Gojek dan juga investasi reksa dana di Bibit.

Spending Pocket

Pocket/kantong yang didesain untuk memudahkan pengeluaran, belanja, memang mudah unjtuk digunakan, saya bisa menggunakan untuk belanja offline dengan kartu debit, atau online dengan kartu virtual yang dikeluarkan oleh Visa.

Untuk transaksi offline, jarang sekali menggunakan kartu debitnya, karena lebih banyak menggunakan BCA karena lebih banyak dukunganya dari merchant-merchant, sedang kan untuk transaksi online, saya lebih sering menggunakan Bank Jago dengan Spending Pocket yang dihubungkan dengan kartu virtual.

Dengan menggunakan kartu virtual ini, bisa digunakan untuk tagihan-tagihan layanan internet yang saya gunakan, seperti Netflix, Spotify, Google, Digital Ocean dan lainnya, dengan menggunakan kartu debit ini lebih mudah untuk saya kelola, karena layanan di internet diarahkan untuk menggunakan satu Pocket ini saja, jadi tidak “kotor” dengan pembayaran-pembayaran lain.

Untuk kebutuhan pengeluaran lainnya, saya gunakan Bank Jago sebagai salah satu channel pembayaran yang digunakan di aplikasi Gojek, tinggal menghubungkan Spending Pocket yang akan digunakan dengan aplikasi Gojek, dan juga layanan lain seperti Bibit, yang memungkinkan saya untuk melakukan investasi reksa dana dari Bibit dan bayar langsung dengan menggunakan Jago sebagai pembayaran.

Ada banyak hal lain yang bisa kita maksimalkan dengan menggunakan Bank Jago, mungkin pengalaman pembaca lain ada yang berbeda?




Related Posts