review, saham,

Stockbit, review aplikasi broker saham

dedenf dedenf Follow Dec 14, 2021 · 4 mins read
Stockbit, review aplikasi broker saham Gambar dari Stockbit

Memiliki akun broker lebih dari satu, untuk saya, meski untuk beberapa hal ribet, tapi di sisi lain dimudahkan untuk urusan mengatur portofolio saham yang dimiliki, dan juga aktivitas didalamnya, seperti jual beli saham, right issue atau juga untuk keperluan e-ipo, aplikasi broker yang dimiliki punya tujuan yang berbeda.

Baca: Alasan lain kenapa perlu memiliki akun broker sekuritas lebih dari satu

Untuk Stockbit, saya sudah jadi user lumayan lama, tapi hanya lurker saja dan tidak menjadi nasabah yang bisa melakukan aktivitas bursa melalui aplikasinya, karena waktu itu Stockbit menggunakan Sinarmas Sekuritas, yang mana waktu itu untuk pendaftarannya hanya dilakukan offline, meski sudah masuk zaman pandemi, lalu akhirnya Stockbit berpisah dengan Sinarmas Sekuritas, dan Stockbit menggandeng Mahakarya Artha Sekuritas, yang kemudian akhirnya sekuritas MAS ini dibeli Stockbit.

Baca: STAR — Review Aplikasi broker saham dari Samuel Sekuritas

Fitur

Stream, Media sosial di Stockbit

Saya mau meng-highlight fitur ini di Stockbit, karena fitur ini yang menurut saya paling aktif, mungkin kalau diluar itu ada namanya stocktwits, yang memang seperti menggabungkan Twitter dan signal saham, di fitur Stream dari Stockbit ini mirip dengan itu.

Trader, investor, pengguna pada umumnya, bisa mempublikasikan analisanya, target, atau mungkin hanya komentar terhadap saham yang menarik untuk mereka.

Dengan adanya konten dari penggunanya, Stockbit memiliki UGC (user generated content), yang memang cara yang ampuh untuk meningkatkan engagement dengan pengguna dan antar penggunanya, apalagi kalau pengguna tersebut memiliki reputasi yang bagus, Stockbit tidak segan untuk menampilkan pengguna tersebut di Snips.

Tapi tidak semua konten yang dibuat oleh pengguna itu bagus, pastinya ada saja yang postingan “sampah” dan mungkin cenderung menyesatkan, pintar-pintar saja menyaringnya, dan juga hindari perilaku ikut-ikutan, selalu melakukan riset sendiri jika menemukan sinyal atau tips saham dari forum tersebut.

Halaman Stockbit search

News

Berisi berita-berita yang berkaitan dengan emiten saham yang berasal dari banyak outlet berita yang ada, diposting oleh Stockbitnews, postingan berita ini akan bermuara di Stream.

Reports

Berisi laporan-laporan yang berkaitan dengan emiten-emiten, laporan ini bisa berbentuk laporan resmi yang emiten kirimkan ke pihak BEI, laporan keuangan, penjelasan media, pemegang efek, sampai dengan laporan aktiva dari ETF yang ada di bursa.

Baca: Harus benar dua kali

Reports juga akan bermuara di Stream.

Lainnya

Predictions, Polling, Charts, Insiders adalah tab lain yang ada di fitur Stream, berisi prediksi, polling, charts yang dibuat oleh pengguna Stockbit, dan yang menarik adalah Insiders, yang berisi informasi transaksi trading yang dilakukan oleh pihak manajemen emiten, bisa itu direksi atau pemegang saham yang terdaftar di emiten.

Baca: Pengalaman melihat dan mengalami, IPO perusahaan-perusahaan di Indonesia, $BUKA, $MTEL

Watchlist

Ini mungkin fitur yang standar untuk aplikasi trading, dimana pengguna bisa mengelompokkan saham-saham yang sedang diawasi atau sedang diincar untuk dibeli nanti.

Ini fitur yang powerful menurut saya di Stockbit, menyajikan informasi pasar Indonesia dan juga pasar luar seperti DJIA, NIKKEI, FTSE dan bursa-bursa global lainnya.

Untuk pasar lokal, Stockbit menampilkan informasi mengenai saham yang sedang trending, saham paling aktif, gainer/loser, menampilkan informasi index saham yang ada di IHSG seperti IDX30, LQ45 dan index lainnya.

Baca: Investasi Dengan ETF

Di dashboard ini juga ditampilkan informasi kinerja dari sektor-sektor saham yang ada di BEI.

Chat

Fitur ini mungkin dikhususkan untuk komunikasi 2 arah antara satu pengguna Stockbit dengan pengguna Stockbit lain, saya sendiri belum pernah menggunakan fitur ini.

Portfolio

Seperti namanya, fitur ini berisi saham/etf yang kita punyai, dan mencatat kinerja dari saham atau ETF yang kita punya, potensi profit atau loss, dan total nilai saham yang kita punya.

Order dan History merupakan fitur yang tersedia juga di tab Portfolio, informasi mengenai order beli atau jual saham beserta statusnya, dan juga History transaksi yang pernah kita lakukan, digrouping bulanan, 3 bulanan dan 1 tahun.

Paper trading

Stockbit memiliki fitur paper trading, artinya kita bisa mencoba “transaksi” dengan uang imajiner yang “diberikan” oleh Stockbit, mencoba membeli saham, dengan harga yang real, dan kita bisa melihat bagaimana kinerja trading yang kita lakukan.

Baca: Sebelum menggunakan uang beneran, coba lakukan trading saham dengan metode Paper Trading

Paper trading ini metode yang aman, kalau ada kerugian tidak berimplikasi terhadap keuangan kita, tapi jangan keterusan ya,

Penggunaan Stockbit

Saya menggunakan Stockbit secara pasif, karena yang saya lakukan di sini mengkhususkan investasi dalam bentuk ETF, saat ini di Stockbit “memelihara” 3 ETF saja, dan rencananya akan terus menambah posisi kepemilikan di ETF ini.

Pengkhususan portofolio ini lebih ke eksperimen saya sendiri, untuk transaksi ETF menggunakan Stockbit dan IPOT, untuk IPOT karena bisa membuat kreasi unit ETF di dalam aplikasi IPOT, jadi masih digunakan saat ini.

Reksa dana

Di dalam aplikasi Stockbit, investor juga bisa melakukan pemilihan dan melihat informasi produk reksa dana, yang mana produk yang ditampilkan di sini akan relatif ke produk yang dijual di Bibit, karena Bibit dimiliki oleh Stockbit juga.

Ketika kita hendak membeli reksa dana, akan dialihkan ke aplikasi Bibit.

Data emiten

Hal lain yang saya sukai juga dari Stockbit, memiliki akses terhadap data yang berkaitan dengan emiten saham yang hendak kita teliti, yang paling mudah melihat Keystats dari saham yang dimaksud, di situ kita bisa lihat informasi penting fundamental perusahaan, dari valuasi, status keuangan dan informasi lainnya.

Baca: Investasi di saham? daftar sekuritas-sekuritas yang bisa dijadikan rujukan informasi, signal dan referensi untuk investor

Bisa juga untuk melakukan komparasi kinerja antara satu saham dengan saham lain.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
dedenf
Written by dedenf Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Update bank bulan Juni

Kayaknya lama juga tidak review aplikasi-aplikasi bank digital yang saya gunakan saat ini, ada yang saya tidak gunakan secara exclusi...

In banking, Jun 26, 2022