investasi, opini,

Sinyal

Ikutan group-group chat atau melihat di media sosial mengenai saham apa yang ditebak akan naik atau turun? hati-hati kalau ada yang memberi 'sinyal' seperti itu.

Deden Fathurahman Deden Fathurahman Follow Aug 03, 2022 · 1 min read

Saya berlangganan beberapa layanan email yang memang disediakan oleh perusahaan broker yang kebetulan saya punya akun disana, email ini biasanya memberikan rekomendasi-rekomendasi saham yang mungkin diperkirakan naik atau turun, kapan price entry, kapan kalau mau taking profit dari kenaikan harga saham, atau capital gain.

Baca: Harus benar dua kali

Seberapa efektif atau tepatkah sinyal yang disediakan oleh perusahaan broker tersebut? spoiler, tidak ada yang tahu, bisa jadi tepat, bisa jadi tidak, apakah tepat karena bisa memperkirakan masa depan, atau murni beruntung? lagi-lagi, tidak ada yang tahu.

Baca: Memiliki akun broker lebih dari satu?

Saya pernah membahas, bisa saja perusahaan broker yang merekomendasikan saham mungkin saja sudah punya posisi terhadap saham tersebut (sudah beli ketika harga bawah/atas), dan mencoba membuat pengaruh ke pasar, barangkali investor retail mau untuk beli dan harga bisa naik.

Baca: Investasi di saham? daftar sekuritas-sekuritas yang bisa dijadikan rujukan informasi, signal dan referensi untuk investor

Dari hasil penelitian sotoy dan tentunya sangat tidak ilmiah, saya mengumpulkan data yang didapat dari broker yang merekomendasikan saham-saham ini, dan melihat ada yang benar, tapi lebih banyak yang tidak, dan meski tepat tebakannya, kapan waktu melakukan eksekusi atas saham tersebut, baik jual atau beli, tidak ada yang tahu.

Baca: Cara memilih broker

Karena memang tidak ada yang bisa menebak kemana arah pasar, dan untuk menebak, harus benar dua kali, ketika beli dan ketika jual.

Baca: Pasar, bursa saham, ketidak masuk akalan dan semua isi yang ada di pasar saham

Dalam pemilihan saham atau aset, ada baiknya melakukan analisa saham sendiri, kalau bisa tentunya dan tidak bergantung pada “sinyal” yang terkadang datang dari group chat yang kadang tidak jelas, dan seperti memiliki kepercayaan diri, padahal bisa jadi masuk perangkap.

Join Newsletter
Get the latest news right in your inbox. We never spam!
Deden Fathurahman
Written by Deden Fathurahman Follow
Writer at Seputar Finansial, engineer, love technology and geeking about finance, intertwine both world.
Read next

Berlubang

Baru-baru ini saya mendapatkan musibah, handphone yang saya gunakan, yang mana handphone ini memang agak sulit mendapatkannya, membel...

In opini, Sep 22, 2022