tag — reksa dana

SFBits: Imbal hasil BP Jamsostek


BPJS Ketenagakerjan, atau sekarang disebut BP Jamsostek, membukukan imbal hasil tahun 2021 sebesar 6,95%, ini termasuk fantastis, dan aset yang banyak dibeli oleh BP Jamsostek adalah surat hutang, sebesar 63% dari total capital yang diinvestasikan...

Risiko menunggu terlalu lama untuk investasi


Gak sabaran ongkosnya bisa mahal, jika melakukan sesuatu yang gegabah, yang bisa mempengaruhi keputusan kita dalam melakukan kegiatan investasi, aktivitas membeli, menjual aset atau produk investasi, yang mungkin sebenarnya kita tidak perlu dilakukan apa-apa terhadap...

Back to Basic, part 1 - Mempersiapkan Dana Pensiun


Seri ini mencoba meninjau dan membahas ulang dari rencana-rencana finansial yang berkaitan dengan diri sendiri dulu, pribadi, terutama untuk tujuan pensiun, sesudah itu baru kita tinjau ulang juga perencanaan untuk tujuan keuangan lain sebagai bagian...

Conveyor belt saving update v2.1


Seiring dengan adanya produk dan juga layanan baru, beberapa layanan perbankan dan investasi yang saya gunakan juga mengalami perubahan jika diperlukan, mengadaptasi terhadap layanan-layanan baru tersebut, bisa karena alasan mudah atau murah, dan saat ini...

Semua memiliki agenda


Didalam aktivitas finansial, semua pihak memiliki agenda, dan di investasi juga berlaku hal yang serupa, semua pihak memiliki kepentingan, dari mulai investor retail, investor institusi, bank, broker, semuanya memiliki agenda, meski ujungnya sama, bisa meningkatkan/mendapatkan...

Website alternatif (gratis) untuk memonitor portofolio, data saham perusahaan


Untuk investor yang memiliki aset dalam bentuk saham, reksa dana, bisa dengan mudah melakukan monitoring terhadap aset yang miliki dengan menggunakan aplikasi atau website yang disediakan oleh broker yang dimiliki, di artikel sebelumnya saya pernah...

Hello 2022


Selamat tahun baru! semoga tahun 2022 ini bisa lebih baik dalam banyak hal, terutama dalam mengatur keuangan kita, dari menabung, membelanjakan uang kita, berinvestasi, berbagi, dan semoga semua hal bisa lebih baik. Baca: Hal yang...

Punya barang yang mengharuskan kita menjadi memiliki pengeluaran tambahan rutin


Pernah ngalamin beli barang yang pada saat itu kita suka, setelah beberapa waktu ternyata barang tersebut membutuhkan barang lain yang harus kita beli? saya pernah, tapi untuk kasus saya, kebetulan diberi oleh saudara, berupa Nespresso,...

SFBits: "7 Deadly sins of investing"


Dari “dosa-dosa” ini, sepertinya saya kena semua lol, tapi itu bagian dari pembelajaran sebagai investor, dan sepertinya tidak ada yang tidak pernah kena “dosa” ini, karena ini sangat manusiawi, sangat mendefinisikan kita sebagai manusia. Dan...

Year In Review


Sebentar lagi tahun baru, dan sepertinya banyak orang yang menjadikan momen itu untuk memulai sesuatu yang baru, biasa disebut resolusi, target, atau apapun tujuan yang mau dicapai di tahun mendatang. Tapi penting juga untuk merefleksikan...

SFBits: Influencers have a new racket in Indonesia: investment advice


Artikel yang ditulis di restoftheworld.org, membahas tentang influencers, di media sosial yang merambah ke arah finansial, terutama dunia investasi saham, yang mana dalam kasus ini dibahas mengenai influencer-influencer ini membuat postingan yang berkaitan dengan saham...

Gak sabaran ongkosnya bisa mahal


Pastinya pernah merasa pengen dapat sesuatu dengan cepat? atau pengennya dapet hal yang kita inginkan itu langsung dalam jumlah besar? saya tau perasaannya, karena saya juga pernah, dan itu sering terjadi. Baca: Buku Who Wants...

Familiarisasi dengan dunia finansial


Dunia investasi dan finansial (iya, investasi bagian dari finansial juga) banyak memiliki kata atau singkatan yang lumayan bisa bikin bingung untuk yang tidak terbiasa, kata atau singkatan ini bisa jadi sangat asing dan mungkin malah...

FinanceBits: Cognitive Bias Infographic


Dalam topik keuangan, terutama keuangan pribadi, tidak hanya melulu soal tabungan, investasi, alokasi aset, mau itu saham, deposito, reksa dana, obligasi dan lainnya, tetapi juga yang tak kalah pentingnya adalah orang yang melakukannya, investornya, dan...

FinanceBits: Stockbit Snips


Akhir-akhir ini saya suka menunggu email dari Stockbit, yang disebut Stockbit Snips, yang berisi rangkuman dari kegiatan pasar pada hari itu, membahas kinerja pasar, sektor, dan juga saham gainer dan losers pada hari itu. Baca:...

Hal yang bisa kita kontrol ketika berinvestasi (saham, etf, atau reksa dana)


Ada banyak faktor yang bisa membuat keadaan dalam hidup menjadi bahagia, atau menjadi rumit, sedih, atau diantaranya, ada yang bisa kita ketahui, ada yang tidak, ada yang tidak bisa kita kontrol dan ada yang bisa...

FinanceBits: How Checking Performance Might Hurt Your Performance


Menemukan artikel yang menarik mengenai keadaan psikologis dari investor yang suka mengecek portofolio yang dimilikinya, efek dari aktivitas ini bisa macam-macam, artikel dari Betterment ini, yang berjudul “How Checking Performance Might Hurt Your Performance” yang...

Investasi jangka panjang atau relatif?


Sering menulis kalimat “jangka panjang” di artikel postingan saya yang lain di seputar finansial, atau mungkin pembaca sering menemukan kalimat ini di blog/website lain, biasanya membahas mengenai berapa lama investor akan menginvestasikan dananya, untuk tujuan...

Stockbit, review aplikasi broker saham


Memiliki akun broker lebih dari satu, untuk saya, meski untuk beberapa hal ribet, tapi di sisi lain dimudahkan untuk urusan mengatur portofolio saham yang dimiliki, dan juga aktivitas didalamnya, seperti jual beli saham, right issue...

Emas, masih relevankah dijadikan investasi?


Emas, sebagai logam mulia, komoditi, sudah sejak lama dijadikan sebagai simpanan, sesuatu yang berharga yang mungkin bisa dijual kembali nanti dengan harapan memiliki nilai jual yang tinggi seiring dengan waktu, dan juga permintaan akan emas,...

Memilih Manajer Investasi untuk produk reksa dana dan ETF


Kalau kita memiliki investasi dengan produk reksa dana atau ETF, produk tersebut dibuat oleh manajer investasi, baik produk reksa dana yang konvensional secara aset didalamnya berupa pasar uang, obligasi, saham atau campuran dan juga untuk...

Efisiensi Berinvestasi


Pandemi mengajarkan kita untuk bisa melakukan efisiensi dan optimalisasi, ambil contoh meeting, sekarang tidak harus bertatap muka terus, sehingga kita tidak perlu melakukan perjalanan demi bisa meeting, selain ongkos yang harus keluar, juga waktu yang...

Memilih saham dengan 'mencontek', Reksa dana/ETF dari manajer investasi


Pernah denger nama BNP Paribas, BNI Asset Management, Schroder, atau Avrist? ini adalah institusi investasi, biasanya memiliki produk-produk investasi yang diatur oleh manajer investasi yang ada didalam institusi tersebut, dan masih banyak institusi/perusahaan investasi lain....

Fitur investasi didalam aplikasi bank online digital


Bank sebagai institusi finansial yang pada salah satu dasar fungsinya bisa mengumpulkan dana yang ditabung oleh masyarakat (DPK) yang memberikan bunga/imbal hasil kepada nasabah, dan untuk bisa memberikan bunga tersebut, bank akan memutar uang tersebut...

Berinvestasi saham dengan (atau untuk mendapatkan) dividen


Salah satu keunggulan dalam berinvestasi selain capital gain (harga yang naik dari harga modal), adalah dividen, ini berlaku umum, berinvestasi dalam bentuk instrumen apapun, bisa itu memiliki usaha sendiri, atau urunan dalam membuka usaha, ataupun...

Investasi untuk hari tua hanya dengan BPJS JHT (Jaminan Hari Tua), cukupkah?


TL;DR; tidak. Saya coba bahas dari sisi kenapa tidak cukup jika ingin pensiun hanya dengan JHT dari BPJSTK, karena beberapa hal yang akan dicoba dijabarkan di sini, antara lain, Limitasi jumlah kontribusi bulanan Pertama untuk...

Mengubah keinginan menjadi kebutuhan


Artikel ini bukan menjelaskan cara bagaimana mengubah keinginan menjadi kebutuhan dan bisa bebas tanpa masalah, tapi ini mengenai tendensi kita sebagai manusia yang bisa melakukan apapun di kepala kita termasuk membenarkan suatu hal, meski itu...

Investasi ofensif dan defensif


Bulan Juli, sudah lebih dari setengah tahun, sudah mulai berinvestasi tahun ini? kalo belum, ayo mulai, seperti peribahasa, saat yang tepat investasi itu kemarin, saat tepat yang kedua adalah hari ini, tidak ada kata terlambat...

Akan selalu ada hal berikutnya


Ada percakapan imajiner dengan rasa realita “Waduh telat nih masuk ke saham abc, padahal pas liat itu lagi turun, coba kalo masuk, udah gimana kali ini portofolio”, “Yah telat dah, ga ada kesempatan lain nih!”....

Kalau punya uang sejuta, lebih baik kemanain ya?


Postingan ini semacam update dari postingan tahun lalu, jika memiliki uang satu juta, ini uang dingin ya, uang yang kita tidak akan pusingkan dan tidak dibutuhkan dalam waktu dekat. Tentunya uang 1 juta tersebut bukan...

7 Aplikasi yang bisa digunakan untuk investasi saham, etf, reksa dana, obligasi atau produk investasi efek lainnya


Sebagai investor swakriya, dengan menggunakan aplikasi invetasi dan TekFin bisa sangat membantu dalam melakukan aktivitas investasi, di sini saya coba menuliskan beberapa aplikasi yang kebetulan saya pakai untuk melakukan aktivitas tersebut. Ini merupakan hasil pemilihan...

Alasan lain kenapa perlu memiliki akun broker sekuritas lebih dari satu


Hari ini aplikasi sekuritas tempat mayoritas saya menyimpan portofolio tidak bisa diakses, sesi pertama tidak bisa login, dengan pesan dari mulai koneksi tidak stabil, sampai server tidak respon, kondisi ini down terlama yang pernah saya...

Cara memilih broker


Untuk DIY investor, investasi di efek merupakan salah satu cara untuk melakukan investasi, karena alasan kemudahan akses, dan juga lebih praktis, yang didalamnya terdapat instrumen-instrumen investasi yang bisa kita pilih dari aplikasi. Untuk berinvestasi di...

Otomasi investasi reksa dana dengan Bibit dan Gopay


Mungkin ini postingan saya yang keberapa tentang BIBIT, tapi sejauh ini, memang BIBIT yang memiliki inovasi yang cukup signifikan, meski saya juga memiliki akun di agen penjual reksa dana lain, sejauh ini, dengan fitur yang...

Optimasi investasi berlebihan


Saya pernah menulis mengenai pentingnya mengetahui, menghitung, dan juga memikirkan tentang fee yang biasanya ada, baik ketika kita menabung di bank, atau juga ketika kita berinvestasi, dan bagaiamana komponen fee bisa mengerogoti imbal hasil yang...

Investasi di saham? daftar sekuritas-sekuritas yang bisa dijadikan rujukan informasi, signal dan referensi untuk investor


Saham saat ini mengalami fase bullish, setelah sebelumnya mengalami penurunan yang curam (bearish) karena pandemi yang melanda dunia, terutama indonesia, tak elak, ekonomi indonesiapun terkena imbasnya, banyak industri yang mengalami kerugian, dan mungkin hanya yang...

Mencoba untuk bisa selalu konsisten pada rencana dan target tujuan keuangan


Untuk bisa fokus dan konsisten dalam mewujudkan tujuan keuangan, saya sering merasakan hal tersebut susah, dari mulai godaan barang yang “kayaknya bagus nih!”, atau “hmm… kayaknya ini belum punya nih, kalo punya bisa ngelakuin abc...

Cara menganalisa produk reksa dana


Ketika melihat satu produk reksa dana dari manajer investasi, agar bisa mengevaluasi dengan cepat produk tersebut, dan apakah memutuskan membeli atau tidak produk tersebut, kali ini mencoba membahas cara cepat membaca satu produk reksa dana,...

Index Investing (investasi Pasif)


Untuk para investor saham, memilih saham yang bisa menjadi juara, dan bisa memberikan kita imbal hasil yang besar, atau konsisten seiring waktu, merupakan hal yang sulit, dan banyak orang juga merasakan demikian, karena sangat banyak...

Ketika melihat grafik kinerja produk investasi reksa dana


Ketika kita hendak memutuskan untuk membeli satu instrumen investasi, di sini taruhlah reksa dana (bisa instrumen lain juga), pasti yang pertama kita liat ada kinerja produk reksa dana tersebut, kita melihat grafik (chart) dengan kondisi...

Produk reksa dana, expense ratio dan pendekatan desain dari Bibit.id


Fee admin dalam pengelolaan dana reksa dana di indonesia, masih banyak yang menurut saya pribadi masih terhitung mahal, apalagi untuk aset yang aktif dimanage oleh manajer investasi, komponen fee di reksa dana dari mulai fee...

Money hack: Membeli produk reksa dana dan atau emas dengan modal cashback


Hal ini saya lakukan baru-baru ini, saya melakukan pembelian emas di Bareksa, dengan menggunakan cashback point yang saya kumpulkan di OVO hasil dari belanja, atau membayar tagihan dan lain-lainnya di Tokopedia, sebelumnya saya investasi dengan...

Tips-tips memaksimalkan penggunaan akun dan aplikasi Jenius


Sudah membuka akun Jenius? kali ini saya akan coba tuliskan tips-tips memaksimalkan akun Jenius yang kita punya untuk kebutuhan investasi, dan kebutuhan lainnya jika ada. Berikut teknik-teknik, cara, yang saya gunakan untuk memaksimalkan penggunaan akun...

Kesalahan-kesalahan yang pernah pernah lakukan ketika memilih produk reksa dana


Sudah mulai investasi? sudah punya SID? dan sudah punya akun di ksei? bagus. berarti sudah menjadi bagian dari ekosistem investasi di indonesia agar lebih bisa maju dalam perekonomian, dan di sisi lain, kita merencanakan masa...

Memiliki akun broker lebih dari satu?


Pertama, iya, boleh, kita boleh memiliki akun broker lebih dari satu, kata broker di sini saya gunakan sebagai pengganti untuk perusahaan yang berwenang untuk membuka akun efek atas nama pengguna, jadi bisa jadi broker untuk...

Memonitor Portofolio


Sudah membuka akun broker? bagus, kita memulai investasi,bisa dalam instrumen produk reksa dana atau saham, dan secara konsisten juga menambah jumlah investasinya, meski memang tidak dianjurkan untuk selalu melihat portofolio, karena bisa memicu emosi, psikologi,...

Mengenal lebih jauh terhadap produk reksa dana yang (akan) dibeli, Prospektus dan Fund Fact Sheet


Pada artikel sebelumnya, dibahas mengenai bagaimana mencari reksa dana yang bagus, secara produk dan kinerjanya, juga dibahas darimana saja kita bisa mendapatkan informasi mengenai produk-produk reksa dana tersebut yang bisa kita jadikan acuan sebelum kita...

Mencari dan berinvestasi di produk reksa dana yang kinerjanya bagus


Reksa dana sebagai satu produk investasi yang ditawarkan oleh manajer investasi, biasanya institusi efek, atau perbankan yang mempunyai bisnis majemen aset. Seperti yang pernah dibahas mengenai apa itu reksa dana, jika sudah mengetahui pengertian dan...

Memulai investasi dengan uang satu juta


Investasi bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing, dan yang sudah pernah mendengarpun masih memiliki pandangan yang terbatas tentang apa saja yang bisa diinvestasikan, saya sendiri dulu termasuk didalamnya (sekarang pun masih ada keterbatasan tentunya),...

Conveyor Belt Saving


Menabung dengan konsep conveyor belt ini mungkin bukan hal yang baru, mungkin ada yang melihat ini mirip dengan konsep amplop, saya menemukan cara ini lewat cara tidak sengaja yang didukung oleh Jenius yang membolehkan kita...

Perbandingan Tabungan bunga tinggi, Deposito, Reksa Dana Pasar Uang, dan Obligasi


Judulnya lumayan panjang, hehe, dan meski ini tidak membahas perbandingan antara satu produk dengan yang lainnya, tapi lebih ke perbandingan atau manakah yang bisa dipilih dari sisi bunga yang didapat, atau apresiasi dari uang yang...

Tips berbelanja bulanan hemat


Berbelanja kebutuhan, terutama untuk kebutuhan bulanan, kadang menyenangkan, kadang tidak, pasti ada masa dimana kita belanja bulanan mahal sekali, ada terkadang terhitung murah, belanja kebutuhan rumah ini kadang ada yang melakukannnya mingguan, 2 mingguan, atau...

Investasi jangka pendek, dengan apa?


Investasi selain dibedakan dari jenisnya, yang mana jenis investasi ini berkaitan dengan jangka waktunya, ada investasi jangka panjang, dan juga investasi jangka pendek, kesemuanya bergantung dari tujuan finansial kita, untuk keperluan kurang dari 5 tahun,...

Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes


Dalam dunia investasi di indonesia, terutama untuk pasar modal, dari saham, reksa dana sampai obligasi, memerlukan semacam identitas yang menunjukkan bahwa orang tersebut bisa, sah secara hukum, dalam melakukan aktivitas investasi di pasar modal, aktivitas...

Perbandingan Reksadana Di Tokopedia Bukapalak


Reksadana sebagai salah satu cara untuk berinvestasi non-sektor rill (emas, properti, dll) menjadi salah satu cara mudah untuk melakukan investasi tanpa harus melakukan pembelian sesuatu yang fisik, setidaknya itu apa yang saya rasakan dan mengerti...